Download Update List Jurnal Scopus Periode Februari 2023: Pentingnya Memeriksa Status Jurnal Sebelum Publikasi

5/5 - (1 vote)

Pada Februari 2023 bulan kemarin, Scopus kembali melakukan update pada daftar jurnal yang terdaftar di indeksnya. Terdapat 1217 jurnal baru yang ditambahkan dan 774 jurnal yang telah dihapus atau dengan istilah discontinue. Ini menunjukkan bahwa Scopus secara rutin melakukan pembaruan daftar jurnalnya untuk memastikan kualitas dan relevansi jurnal yang terdaftar.

Apa itu Discontinue Jurnal

Discontinue journal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jurnal yang tidak lagi terdaftar di indeks Scopus. Jurnal ini mungkin telah dihapus karena berbagai alasan, termasuk pelanggaran etika publikasi, tidak memenuhi standar kualitas Scopus, atau karena publikasi jurnal telah dihentikan oleh penerbitnya.

Daftar Jurnal yang ditambahkan dan dihapus (discontinue) periode Februari 2023

Daftar jurnal yang terdaftar di Scopus sangat penting bagi para peneliti dan akademisi, terutama bagi mereka yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya. Dengan terdaftarnya jurnal di Scopus, maka penelitian tersebut diakui secara internasional dan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Selain itu, jurnal yang terdaftar di Scopus juga dapat meningkatkan reputasi universitas atau institusi tempat penelitian tersebut dilakukan.

Namun, sebelum mengirimkan artikel ke jurnal yang terdaftar di Scopus, sangat penting untuk memastikan bahwa jurnal tersebut masih terdaftar di Scopus. Sebab, setiap periode tertentu, bisa per 6 bulan sekali, Scopus mengupdate jurnal yang masih di indeks dan menghapus beberapa jurnal yang discontinue. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan artikel ke jurnal yang terdaftar di Scopus, pastikan untuk memeriksa daftar jurnal terbaru yang terdaftar di Scopus.

Konsekuensi jika jurnal yang dipilih sudah tidak terdaftar di Scopus

Konsekuensi pertama jika jurnal yang dipilih sudah tidak terdaftar di Scopus adalah bahwa publikasi artikel di jurnal tersebut tidak akan diakui secara internasional. Ini berarti bahwa artikel yang dipublikasikan tidak akan dihitung dalam perhitungan indikator kinerja publikasi, seperti Impact Factor dan h-index, yang digunakan oleh banyak lembaga dan universitas dalam menilai kinerja peneliti dan akademisi.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Download E-Book Tips Dan Publikasi Scopus Gratis

Selain itu, publikasi di jurnal yang tidak terdaftar di Scopus juga bisa berakibat pada penurunan reputasi penulis dan universitas tempat penulis tersebut bekerja. Jurnal yang tidak terdaftar di Scopus mungkin memiliki standar yang lebih rendah, kurang terpercaya, atau kurang diakui oleh masyarakat akademik internasional, sehingga publikasi di jurnal semacam ini bisa merusak reputasi penulis dan universitas.

Namun, konsekuensi terbesar dari publikasi di jurnal yang tidak terdaftar di Scopus adalah kesulitan dalam mendapatkan dukungan dana penelitian. Sebab, kebanyakan institusi, badan pemerintah, dan lembaga penyedia dana penelitian mengutamakan publikasi di jurnal terindeks Scopus dalam menentukan kriteria penerimaan dana penelitian. Jika jurnal yang dipilih tidak terdaftar di Scopus, maka kesempatan untuk mendapatkan dukungan dana penelitian akan sangat berkurang.

Menghindari Discontinue jurnal dengan mendownload list jurnal terbaru berikut:

Dalam rangka menghindari konsekuensi tersebut, sangat penting untuk memeriksa daftar jurnal terbaru di Scopus sebelum memilih jurnal untuk publikasi. Memilih jurnal yang terdaftar di Scopus akan memastikan bahwa artikel yang dipublikasikan akan diakui secara internasional dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa status jurnal sebelum memilih jurnal untuk publikasi. Karena banyaknya jurnal yang di tambahkan yaitu 1217 jurnal, dan banyaknya jurnal yang dihapus atau 774 jurnal, maka kami sediakan link download berupa file excell dibawah ini:

DAFTAR JURNAL BARU DAN DAFTAR JURNAL DISCONTINUE


Native-Proofreading.com: Layanan Profesional Proofreading dan Translate untuk Jurnal Scopus

Native-Proofreading.com adalah layanan profesional yang menawarkan jasa proofreading dan translate untuk paper akademik, terutama untuk publikasi di jurnal Scopus, WoS, IEEE dan SINTA 1 dan 2. Tim ahli kami terdiri dari penulis dan editor berpengalaman yang dapat membantu meningkatkan kualitas paper Anda dan meningkatkan peluang diterima di jurnal Scopus.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Jurnal Baru Scopus, AGRARIS, dari UMY, Yogyakarta

Kami telah menerima banyak review positif dari klien kami yang berhasil menerbitkan paper mereka di jurnal Scopus setelah menggunakan layanan kami. Banyak penulis yang sukses menerbitkan di Q1 dan Q2 setelah menggunakan jasa kami untuk meningkatkan kualitas paper mereka. Kami memastikan bahwa paper Anda akan readable oleh editor dan reviewer jurnal Scopus sehingga meningkatkan chance untuk di accept di jurnal Scopus

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Leave a Comment