Cara Mudah Mengetahui Penulis Jurnal di Scopus: Tips dan Trik Efektif

5/5 - (1 vote)

Dalam dunia akademik, jurnal ilmiah adalah salah satu sumber informasi yang paling penting. Jurnal ilmiah dapat memberikan informasi terbaru tentang penelitian, teori, dan praktik di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Namun, ketika menggunakan jurnal ilmiah sebagai referensi, seringkali kita ingin tahu siapa yang menulis jurnal tersebut. Mengetahui penulis jurnal dapat membantu kita memahami perspektif dan latar belakang penulis, dan memperkuat kepercayaan kita terhadap kualitas jurnal tersebut. Dalam artikel ini, saya akan membahas cara-cara mudah untuk mengetahui penulis jurnal.

1. Membaca Bagian Abstrak atau Ringkasan Jurnal

    Cara pertama untuk mengetahui penulis jurnal adalah dengan membaca bagian abstrak atau ringkasan jurnal. Bagian ini umumnya terletak di bagian awal jurnal dan berisi informasi singkat tentang topik, tujuan, metodologi, hasil, dan kesimpulan jurnal tersebut. Selain itu, abstrak atau ringkasan juga biasanya mencantumkan nama penulis dan afiliasi institusi mereka. Dengan membaca bagian abstrak atau ringkasan jurnal, kita dapat mengetahui siapa penulis jurnal tersebut dan afiliasi institusi mereka.

    2. Melihat Informasi Jurnal di Basis Data

    Cara kedua untuk mengetahui penulis jurnal adalah dengan melihat informasi jurnal di basis data. Basis data jurnal ilmiah seperti Scopus, Web of Science, dan Google Scholar, adalah sumber informasi yang berguna untuk menemukan jurnal ilmiah dan informasi tentang penulis jurnal. Misalnya, dengan menggunakan Scopus, kita dapat menemukan informasi tentang penulis jurnal, seperti nama lengkap, afiliasi institusi, dan alamat email mereka. Untuk menggunakan fitur ini, kita hanya perlu mencari judul jurnal yang kita cari di Scopus, lalu klik pada nama jurnal yang muncul dalam hasil pencarian. Setelah itu, kita dapat melihat informasi tentang penulis jurnal di halaman jurnal tersebut.

    Artikel Menarik Wajib di Baca  Inilah 10 Alasan Jurnal Terindeks Scopus di Discontinued

    3. Menggunakan Fitur “Author Search” di Basis Data

    Cara ketiga untuk mengetahui penulis jurnal adalah dengan menggunakan fitur “Author Search” di basis data jurnal ilmiah. Dalam fitur ini, kita dapat mencari nama penulis jurnal dan melihat semua jurnal yang ditulis oleh penulis tersebut. Misalnya, jika kita ingin mencari semua jurnal yang ditulis oleh John Smith, kita dapat memasukkan nama John Smith ke dalam fitur “Author Search” di Scopus atau Web of Science. Setelah itu, kita dapat melihat semua jurnal yang ditulis oleh John Smith.

    4. Menggunakan Mesin Pencari Akademik

    Cara keempat untuk mengetahui penulis jurnal adalah dengan menggunakan mesin pencari akademik seperti Google Scholar atau Microsoft Academic Search. Mesin pencari akademik ini dapat menemukan jurnal ilmiah dan artikel yang relevan dengan topik yang kita cari. Selain itu, mesin pencari akademik juga dapat menampilkan informasi tentang penulis jurnal, seperti nama lengkap, afiliasi institusi, dan publikasi terkait lainnya.

    5. Menghubungi Penerbit Jurnal

    Menghubungi penerbit jurnal adalah salah satu cara untuk mengetahui penulis jurnal. Penerbit jurnal biasanya memiliki informasi lengkap mengenai jurnal yang diterbitkan, termasuk nama-nama penulis yang terlibat dalam penulisan artikel tersebut. Dalam menghubungi penerbit jurnal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa penerbit jurnal yang dihubungi adalah penerbit yang resmi dan terpercaya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang didapat benar-benar akurat dan dapat dipercaya.

    6. Gunakan Fasilitas “Author Search” di Platform Scopus

    Salah satu cara mudah untuk mengetahui penulis jurnal adalah dengan menggunakan fitur “Author Search” yang tersedia di platform Scopus. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari penulis jurnal berdasarkan nama, afiliasi, atau ID penulis di Scopus.

    Artikel Menarik Wajib di Baca  Sukses Publikasi di Problems and Perspectives in Management, Q2 Scopus dalam Waktu 2 Bulan

    Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengakses platform Scopus dan memilih opsi “Author Search” yang terletak di bagian atas halaman. Kemudian, pengguna dapat memasukkan nama penulis, afiliasi, atau ID penulis di kolom pencarian dan menekan tombol “Search”. Platform Scopus akan menampilkan daftar penulis jurnal yang sesuai dengan kriteria pencarian.

    Dalam daftar penulis jurnal tersebut, pengguna dapat melihat informasi lengkap tentang penulis, seperti nama lengkap, afiliasi, jumlah karya yang telah dipublikasikan, dan indeks sitasi. Informasi ini dapat membantu pengguna untuk mengevaluasi kualitas penulis dan relevansi karya yang telah dipublikasikan.

    7. Gunakan Fasilitas “Citation Tracker” di Platform Scopus

    Selain “Author Search”, pengguna juga dapat menggunakan fitur “Citation Tracker” yang tersedia di platform Scopus untuk mengetahui penulis jurnal. Dengan fitur ini, pengguna dapat melacak jumlah sitasi yang diterima oleh karya tertentu dan mencari tahu siapa saja penulis yang telah mengutip karya tersebut.

    Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengakses platform Scopus dan memilih opsi “Citation Tracker” yang terletak di bagian atas halaman. Kemudian, pengguna dapat memasukkan judul karya atau ID Scopus dari karya tersebut dan menekan tombol “Search”. Platform Scopus akan menampilkan daftar karya yang sesuai dengan kriteria pencarian dan jumlah sitasi yang diterima oleh karya tersebut.

    Dalam daftar karya tersebut, pengguna dapat melihat siapa saja penulis yang telah mengutip karya tersebut. Informasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui penulis jurnal yang terkait dengan karya yang sedang diteliti.

    8. Gunakan Fasilitas “Affiliation Search” di Platform Scopus

    Selain fitur “Author Search” dan “Citation Tracker”, pengguna juga dapat menggunakan fitur “Affiliation Search” yang tersedia di platform Scopus untuk mengetahui penulis jurnal. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari penulis jurnal berdasarkan afiliasi atau institusi yang terkait dengan karya yang sedang diteliti. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengakses platform Scopus dan memilih opsi “Affiliation Search” yang terletak di bagian atas halaman. Kemudian, pengguna dapat memasukkan nama afiliasi atau institusi di kolom pencarian dan menekan tombol “Search”. Platform Scopus akan menampilkan daftar penulis jurnal yang terkait dengan afiliasi atau institusi yang dicari.

    Artikel Menarik Wajib di Baca  Cara Mencari Jurnal Internasional terindex scopus - TheJurnalfinder.com


    NativeProofreading.com: Solusi Tepat untuk Menyempurnakan Tulisan Anda

    Apakah Anda sering kesulitan dalam menulis dokumen atau tugas akademik karena bahasa Inggris bukan bahasa asli Anda? Atau apakah Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik dan ingin memastikan bahwa tulisan Anda sudah sempurna tanpa kesalahan tata bahasa dan ejaan? Jika ya, NativeProofreading.com dapat membantu Anda!

    NativeProofreading.com adalah layanan proofreading online yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik dengan mudah dan nyaman. Layanan kami menawarkan proofreading dan editing untuk tugas-tugas akademik, seperti makalah, esai, tesis, laporan penelitian, proposal, dan lain-lain. Kami juga menerima proofreading untuk dokumen bisnis dan pribadi seperti surat, email, presentasi, dan lainnya.

    Leave a Comment

    WhatsApp WhatsApp us