Apa Itu proofreading Jurnal Scopus

Cara Memastikan Paper Benar sebelum Mengirimnya ke Jurnal

Apa itu Proofreading ? Proofreading adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa paper kita benar secara bahasa. Sangat penting untuk melakukan proofreading paper sebelum mengirimkannya ke jurnal internasionasional, apalagi jurnal internasional terindeks scopus. Proofreading akan membantu kita mengidentifikasi kesalahan apa yang ada didalam tulisan kita, seperti kesalahan ketik, salah ejaan, kesalahan tata bahasa, dll. Ini juga dapat membantu Anda menangkap kesalahan yang terkait dengan konten dan gaya bahasa yang anda ungkapkan dalam sebuah paper.

apa itu proofreading
apa itu proofreading

Apa itu proofreading jurnal paper

Proofreading adalah proses mengedit dokumen untuk menemukan dan memperbaiki semua kesalahan di dalamnya. Proofreading adalah langkah terakhir sebelum menerbitkan paper pada jurnal internsional, terutama jurnal internasional terindeks scopus. Ini adalah langkah penting, karena kesalahan apa pun yang tidak tertangkap oleh kita sebagai penulis, akan terlambat ketika paper sudah dipublish oleh sebuah jurnal.

Pada tahap ini, seorang proofreader akan memeriksa setiap kata, kalimat, dan paragraf untuk kesalahan seperti tata bahasa yang salah, kesalahan ejaan, masalah format dll. Interpretasi: Proofreading adalah proses penting yang dilakukan oleh proofreader sebelum menerbitkan dokumen agar kesalahannya dapat ditemukan.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Membutuhkan Proofreading?

Proofreading adalah proses memeriksa bahan tertulis, biasanya untuk kesalahan tata bahasa dan pemformatan. Proofreader bukan editor, mereka biasanya diharuskan memiliki keterampilan dalam mengoreksi tetapi tidak mengedit. Proofreading dapat dibagi menjadi dua kategori: umum dan copyediting. Pemeriksaan umum mencari kesalahan tata bahasa, kesalahan ketik, dan jenis kesalahan lain yang dapat mengganggu keterbacaan atau pemahaman. Copyediting berfokus pada masalah gaya seperti konsistensi dalam konvensi tanda hubung dan kapitalisasi atau kepatuhan terhadap aturan gaya untuk catatan akhir, bibliografi, kutipan, dll.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Proofreading adalah proses koreksi paper

Jenis Kesalahan Yang Kami Periksa Saat Proofreading

Proofreading adalah pekerjaan yang tidak selalu menyenangkan kedengarannya. Kita harus menelusuri halaman demi halaman teks dan mencari kesalahan. Kesalahan seperti salah ketik, kesalahan ejaan, dan kesalahan tanda baca lainnya adalah jenis yang paling umum ditemukan oleh proofreader.

Kesalahan ketik- kesalahan ini dapat dengan mudah terlihat karena mereka akan berada di tempat yang sama pada dua baris berturut-turut. Ada banyak penyebab seperti koreksi otomatis, tangan gemetar atau jari mouse tidak terkoordinasi. Pemeriksaan ejaan tidak selalu menangkap setiap kesalahan ketik sehingga dapat membantu untuk memiliki proofreader manusia juga. Kesalahan ejaan- kesalahan ini terjadi ketika seseorang salah mengeja kata tetapi mencoba mengejanya dengan benar dengan cara yang berbeda (mis., salah eja). Kesalahan tanda baca- ada banyak jenis kesalahan ini.

Jasa Translate dan Jasa Proofreading Terindeks Scopus

Proses Proofreading di jurnal terindeks scopus

Proofreading adalah proses mendeteksi dan mengoreksi kesalahan dalam sebuah teks. Proses ini diperlukan untuk segala jenis pekerjaan tertulis, mulai dari paper mahasiswa hingga paper untuk jurnal akademik, terutama jurnal terindeks scopus. Mengoreksi paper akademis di jurnal membutuhkan waktu karena orang tersebut biasanya harus berkualifikasi dan berpengalaman. Orang tersebut harus mampu mendeteksi kesalahan dengan mencari kesalahan umum serta memastikan bahwa tidak ada kata atau kalimat yang hilang dan bahasa tidak digunakan secara salah.

Ikuti 5 Langkah Ini untuk Memastikan Proses Proofreading yang Lancar

Ketika kita mengoreksi pekerjaan sendiri, mungkin tidak dapat menemukan semua kesalahan. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa proses proofreading kita seefisien dan semulus mungkin:
Langkah 1: Baca dokumen dari awal sampai akhir.
Langkah 2: Kembali dan baca ulang dokumen, kali ini fokus pada mencari kesalahan ejaan atau tata bahasa.
Langkah 3: Setelah membaca ulang dokumen, kembali dan periksa pekerjaan kita lagi untuk kesalahan yang terlewat yang mungkin kita buat saat pertama kali mengoreksinya.
Langkah 4: Setelah kita menemukan kesalahan tambahan, periksa seluruh dokumen sekali lagi untuk tinjauan akhir.
Langkah 5: Setelah Anda selesai mengoreksi kertas Anda, pastikan tidak ada yang tersisa

Artikel Menarik Wajib di Baca  Download E-Book Tips Dan Publikasi Scopus Gratis

Apa itu proofreading di Native-Profreading.com

Kami tidak saja memperbaiki tata bahasa dasar seperti seperti kesalahan ketik, salah ejaan, kesalahan tata bahasa, gramamtical, punctuation, tetapi kita akan memperbaiki tingkat kehalusan sebuah kalimat sehingga bisa di baca oleh editor. Proofrading di www.native-proofreading.com, lebih dari sekedar proofreading, tetapi lebih ke Line editing, kata perkata kita perbaiki untuk menghaluskan kalimat.

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami telah banyak membantu author dalam meningkatkan kualitas bahasa untuk diterbikan di Scopus. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-button-610x212-300x104.png

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us