Cara Mengetahui Quartile (Q) Jurnal dari Scopus (bukan dari Schimago)

Scopus adalah salah satu pengindeks jurnal international yang menyediakan penilaian untuk suatu jurnal. Dalam menilai suatu jurnal, Scopus membuat sebuah klasterisasi kualitas jurnal dengan istilah Quartile. Terdapat empat kategori, yaitu Quartile 1 (Q1), Quartile 2 (Q2), Quartile 3 (Q3), dan Quartile 4 (Q4). Klasterisasi tersebut diurutkan dari yang tertinggi ke terendah. Artinya, Q1 merupakan tingkatan jurnal yang paling tinggi, dan Q4 adalah yang terendah.

Untuk mengetahui indeks jurnal, dilakukan melalui Scimago untuk mengetahui SJR-nya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengetahui quartile suatu jurnal langsung melalui website Scopus :

  1. Masuk ke website Scopus melalui alamat https://www.scopus.com/
  2.  Apabila anda belum melakukan pendaftaran account, silahkan klik “Create Account”
  3. Klik menu “sources”

Menu sources menyajikan informasi tentang referensi dan sumber-sumber jurnal yang terdapat di database scopus.

  1. Periksa menu kolom sebelah kiri pada menu “Source”

Akan disajikan beberapa kolom setelah memilih menu “sources”, seperti yang ada pada gambar berikut ini:

Untuk mengetahui jurnal-jurnal berdasarkan quartile atau peringkatnya, dapat dilakukan dengan memilih salah satu kolom quartile 1-4 yang sudah disediakan di sebelah kiri tampilan pada menu “source”. Akan tetapi, jika ingin mengetahui jurnal yang kita cari berada di quartile berapa, kita tinggal melihat di kolom “highest percentile” seperti pada gambar berikut ini:

Di dalam kolom “highest perentile” akan ditampilkan jurnal tersebut memiliki percentile berapa persen.

  1. Jika suatu jurnal memiliki percentile 75%-99%, maka jurnal tersebut masuk ke kategori Q1
  2. Jika suatu jurnal memiliki percentile 50%-74%, maka jurnal tersebut masuk ke kategori Q2
  3. 25%-49% ke dalam Q3
  4. 0%-24% adalah Q4.

Sekian langkah-langkah untuk mengetrahui quartile jurnal langsung dari website Scopus, semoga membantu.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Jasa Translate Jurnal Scopus

www.Native-Proofreading.com sangat ahli dalam editing dan proofreading paper khusus Jurnal dan conference scopus. TIM kami terdiri dari native english speaker dan first language english speaker. Kami memiliki berbagai macam ahli dalam bidang Social science, Engineering, Business, Education, Religious, Economy, Agriculture. Jika anda ragu kualitas kami, kirimkan abstrak, dan kami kerjakan GRATIS. WA 0852-9073-5358.

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

Jasa Proofreading Scopus

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us