Cara Memeriksa Jurnal di Indonesia yang terindeks Scopus

Hari ini kami tim dari www.native-proofreading.com menulis tentang bagaimaan memeriksa jurnal di Indonesia yang terindeks scopus. Sebelumnya, mari kita mempelajari tentang SINTA (Science and Technology Index) yaitu sebuah sistem yang mengumpulkan artikel dari indek scolar, WoS dan Scopus. SINTA sendiri bukan mesin pengindeks, hanya mengumpulkan dari masin indeks lain.

SINTA mengumpulkan nama-nama seluruh dosen dan peneliti, buku-buku, jurnal, perguruan tinggi atau lembaga penelitian yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengecek daftar jurnal di Indonesia yang ada dalam SINTA yang terindeks Scopus. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Masuk ke website SINTA melalui URL https://sinta.ristekbrin.go.id/ terlebih dulu. Pada laman awal akan ditampilkan beberapa grafik, seperti Jumlah Dokumen Masing-masing Afiliasi yang Terindeks Scopus, 10 Publikasi Afiliasi Teratas oleh Scopus, Jumlah Jurnal berdasarkan Skor SINTA, Publikasi per Tahun pada Scopus, dll.
  2. Kemudian, pilih Sources dan klik Journals untuk mengetahui daftar jurnal-jurnal di Indonesia.
  3. Jurnal-jurnal yang ada di SINTA ini sudah terakreditasi nasional. Ada 6 peringkat di Sinta, yaitu S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. S1 merupakan peringkat akreditasi jurnal yang terbaik.
  4. Untuk melihat daftar jurnal yang termasuk S1, klik tanda S1. Kebanyakan jurnal S1 ini sudah terindeks database Berikut beberapa jurnal S1 yang sudah terindeks Scopus.
  5. Kemudian, untuk mengetahui peringkat Q jurnal dalam Scopus, langkah yang dapat dilakukan adalah menyalin (copy) nama jurnal yang diinginkan.
  6. Setelah itu, masuk ke website Scimago melalui URL https://www.scimagojr.com/. Tempel (paste) nama jurnal tersebut di kolom pencarian yang sudah tersedia. Klik tanda search dan akan muncul nama jurnal tersebut.
  7. Klik nama jurnal yang dicari lalu akan muncul tampilan berupa informasi mengenai jurnal tersebut. Berikut contoh tampilannya:
  8. Setelah itu, untuk mengetahui peringkat Q dari jurnal tersebut, dapat dilihat di bagian kiri bawah.
Artikel Menarik Wajib di Baca  Pengalaman di Accept di Jurnal Natural Product Research, Q2, Scopus selama 4 Bulan

Kebanyakan jurnal-jurnal dari Indonsia termasuk dalam Q2, Q3, dan Q4, sedangkan jurnal yang termasuk dalam Q1 jarang (ada beberapa). Kemudian, untuk mengetahui bagaimana cara submit-nya dapat langsung ke website jurnal masing-masing karena di Scimago hanya untuk mengecek peringkat Q jurnal saja. Masing-masing jurnal memiliki author guideline dan template-nya masing-masing dan semua itu dapat diketahui melalui website jurnalnya langsung.

Demikian langkah-langkah untuk mengecek daftar jurnal di Indonesia yang terindeks Scopus dan untuk mengetahui peringkat Q dari jurnal yang dicari.  

 

WA kami

www.Native-Proofreading.com sangat ahli dalam editing dan proofreading paper khusus Jurnal dan conference scopus. TIM kami terdiri dari native english speaker dan first language english speaker. Kami memiliki berbagai macam ahli dalam bidang Social science, Engineering, Business, Education, Religious, Economy, Agriculture. Jika anda ragu kualitas kami, kirimkan abstrak, dan kami kerjakan GRATIS. WA 0852-9073-5358.

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

Jasa Proofreading Scopus

 

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us