Bagaimana mencari kecepatan publikasi paper di sebuah jurnal terindeks SCOPUS

  •   Daftar jurnal terbaru

Dalam hal ini sebelum kita mensubmit ke journal scopus /sci / ugc journal, kita hendaknya mengecek update terbaru tentang quartil journal tersebut, serta waktu yang tertera pada journal tersebut. Langkahya sebagai berikut :

  • Search di google Scopus Journal List

Scopus journal list membantu kita untuk menemukan update terbaru tentang indexing jurnal yang akan kita submit

Jika sudah masuk ke web tersebut, silahkan download scopus sources list yang di tandai diatas.

Kita bisa search di google tentang update terbaru tentang suatu jurnal, pada keyword “ scopus journal list” lalu di web tersebut akan muncul bar download untuk scopus source list nya. Dari situ kita bisa melihat update terbaru di journal yang terindek scopus.

  • Pilih jurnal sesuai dengan bidang paper

Setelah selesai di download, maka bukalah hasil unduhan tentang list jurnal yang akan di submit. Lalu sesuaikan dengan bidang atau tema paper anda. Langkahnya sebagai berikut :

  • Carilah jurnal atau conference yang sesuai dengan tema / bidang paper.

Kita bisa menggunakan fitur ctrl + F untuk menemukan jurnal secara cepat, dengan rincian yang ada di list jurnal mengenai waktu dan biaya disuatu jurnal, maka menghemat waktu dan bisa mensubmit di beberapa jurnal yang sesuai dengan scope paper anda.

  • Cek pada matrix jurnal

Apabila sudah menemukan jurnal yang akan dituju, maka Langkah selanjutnya cek matrix pada jurnal tersebtu, matrix jurnal membantu kita mengetahui informasi tentang cite score ; impact factor ; 5-years impact factor ; SNIP (Source Normalized Impact per Paper) ; SCImago Journal Rank .

Gambar diatas menjelaskan tentang metrics salah satu jurnal.

  • Cek website jurnal

Jika sudah menemukan jurnal yang akan dituju, silahkan cek website jurnal tersebut. Homepage jurnal akan menjelaskan tentang beberapa step tentang submit dan infromasi jurnal.

. Sebelumnya kita harus cek terlebih dahulu abstracting / indexing jurnal tersebut. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah arsip dokumen yang telah di publish,

Artikel Menarik Wajib di Baca  5 Jurnal Teratas dalam Berbagai Topik dengan Publikasi Cepat dan Tingkat Penerimaan Tinggi
  • Point of View Submit Jurnal

Hal penting yang diperhatikan dalam mencari arsip jurnal dalam publisher adalah tanggal submit dan tanggal publish suatu artikel, gunanya untuk acuan kita sebagai penulis dalam mensubmit jurnal. Kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk accepted di jurnal tersebut.

Submit jurnal yang baik perlu memperhatikan waktu publish jurnal atau accepted jurnal yang cepat, agar jika terjadi penolakan bisa secara cepat di pidah ke jurnal yang lain, serta memperhatikan biaya publikasi di suatu jurnal.

  • cara mengetahui biaya publikasi suatu jurnal :

Kita bisa masuk ke  guide for author lalu kita bisa mengunduh dokumen yang berjudul “ understanding the publishing process ‘ PDF” ,

Jika sudah di unduh dan buka bagian open access options, disitu kita bisa menemukan beberapa informasi tentang open access indicates fee, dari tabel tersebut kita bisa mengkoparasi beberap fitur yang ada di open access option, yaitu Gold Open Access dan Green Open Access dengan keunggulan masing masing yang disediakan.


www.Native-Proofreading.com sangat ahli dalam editing dan proofreading paper khusus Jurnal dan conference scopus. TIM kami terdiri dari native english speakers dan first language english speakers. Kami memiliki berbagai macam ahli dalam bidang Social science, Engineering, Business, Education, Religious, Economy, Agriculture. Jika anda ragu kualitas kami, kirimkan abstrak, dan kami kerjakan GRATIS. WA 0852-9073-5358.

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

Jasa Proofreading Scopus

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us