Peluang Terbaru bagi Author, 23 Jurnal Baru Terindeks Scopus di Bidang Pendidikan 2023

5/5 - (1 vote)

Pada tahun 2023, tepatnya update scopus February 2023, ada beberapa jurnal bidang pendidikan baru yang diindeks oleh Scopus. Hal ini membuka peluang bagi para author di bidang pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal-jurnal tersebut dengan persaingan yang lebih rendah dibandingkan dengan jurnal-jurnal yang sudah lama terindeks oleh Scopus.

Keuntungan Jurnal Baru Terindeks Scopus di Bidang Pendidikan

Jurnal-jurnal yang sudah lama terindeks oleh Scopus cenderung memiliki kompetisi yang lebih tinggi karena sudah dikenal oleh banyak penulis. Banyak penulis yang akan menyerahkan artikel mereka ke jurnal-jurnal yang sudah lama terindeks oleh Scopus karena dianggap lebih terkenal dan diakui secara internasional. Namun, jurnal-jurnal baru yang sebelumnya tidak terindeks oleh Scopus dan kurang dikenal oleh banyak penulis, memberikan kesempatan bagi penulis untuk memperoleh keuntungan dalam penerimaan artikel yang lebih mudah.

Dengan diindeksnya jurnal di Scopus, maka artikel-artikel yang diterbitkan di jurnal tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca potensial di seluruh dunia melalui basis data Scopus yang luas. Selain itu, publikasi artikel di jurnal yang diindeks oleh Scopus dapat meningkatkan kesempatan untuk memperoleh citasi yang lebih tinggi, meningkatkan reputasi penulis, dan memperluas jaringan penulis. Oleh karena itu, jurnal-jurnal baru yang terindeks oleh Scopus di bidang pendidikan memberikan peluang bagi penulis untuk memperoleh manfaat yang sama dengan jurnal-jurnal yang sudah lama terindeks oleh Scopus.

  1. STEM Education, diterbitkan oleh American Institute of Mathematical Sciences.
  2. Review of Science, diterbitkan oleh Mathematics and ICT Education, University of Patras/METAICHMIO PUBLICATIONS.
  3. Nordic Journal of Comparative and International Education, diterbitkan oleh OsloMet University Library.
  4. International Journal of Educational Research and Innovation, diterbitkan oleh Universidad Pablo de Olavide.
  5. English Language Education, diterbitkan oleh Springer.
  6. SpringerBriefs on Key Thinkers in Education, diterbitkan oleh Springer.
  7. Multilingual Education, diterbitkan oleh Springer.
  8. Methodology of Educational Measurement and Assessment, diterbitkan oleh Springer.
  9. Journal of Education Culture and Society, diterbitkan oleh University of Wroc?aw/ Foundation Pro Scientia Publica.
  10. Science Education International, diterbitkan oleh International Council of Associations for Science Education.
  11. International Perspectives on Geographical Education, diterbitkan oleh Springer.
  12. Journal for STEM Education Research, diterbitkan oleh Springer.
  13. Critical Education, diterbitkan oleh Institute for Critical Education Studies.
  14. Journal of Popular Music Education, diterbitkan oleh Intellect Ltd.
  15. SCHOLE: Journal of Leisure Studies and Recreation Education, diterbitkan oleh Taylor & Francis.
  16. Whiteness and Education, diterbitkan oleh Taylor & Francis.
  17. Journal of Graduate Medical Education, diterbitkan oleh Accreditation Council for Graduate Medical Education.
  18. Australian and International Journal of Rural Education, diterbitkan oleh Society for the Provision of Education in Rural Education.
  19. Beijing International Review of Education, diterbitkan oleh Brill.
  20. Global Histories of Education, diterbitkan oleh Springer: Palgrave Macmillan.
  21. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, diterbitkan oleh Aalborg University Press.
  22. Research in Management Education and Development, diterbitkan oleh Information Age Publishing.
  23. Nordic Journal of Social Research, diterbitkan oleh Universitetsforlaget/Scandinavian University Press.
Artikel Menarik Wajib di Baca  2 Bulan Accepted di GeoJournal of Tourism and Geosites, Q2, Scopus.

Pastikan bebas Predatory

Namun, sebelum memilih jurnal untuk mempublikasikan artikel, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memastikan bahwa jurnal tersebut bebas dari praktik predatory publishing.

Predatory publishing atau penerbitan predator adalah praktik publikasi yang tidak etis, di mana jurnal-jurnal atau penerbit menawarkan jasa penerbitan artikel dengan biaya yang tinggi tanpa memperhatikan kualitas artikel yang diajukan. Jurnal-jurnal ini seringkali meniru nama-nama jurnal ternama dan mencari artikel dari penulis yang tidak mengetahui praktik predatory publishing.

Jika penulis memilih jurnal yang tidak terpercaya atau tidak terdaftar secara resmi, maka artikel yang dipublikasikan di jurnal tersebut tidak akan memiliki reputasi yang baik di mata akademisi dan industri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mempublikasikan artikel di suatu jurnal, sangat penting untuk memastikan bahwa jurnal tersebut bukan merupakan jurnal predatory.

Salah satu cara untuk memeriksa apakah jurnal tersebut merupakan jurnal predatory atau tidak adalah dengan mengunjungi beberapa website pengecekan predatory, seperti Beall’s List of Predatory Journals and Publishers. Website ini menyediakan informasi mengenai jurnal-jurnal yang dikenal sebagai jurnal predatory dan penerbit yang tidak etis. Penulis dapat memeriksa apakah jurnal yang dipilih termasuk dalam daftar tersebut atau tidak.

Selain itu, penulis juga dapat melakukan pengecekan di Google dengan kata kunci “predatory journal” atau “beall’s list”. Dengan melakukan pengecekan ini, penulis dapat memastikan bahwa jurnal yang dipilih bebas dari praktik predatory publishing.

Ketika memilih jurnal untuk mempublikasikan artikel, sebaiknya penulis memilih jurnal yang memiliki reputasi yang baik di mata akademisi dan industri. Jurnal yang memiliki reputasi baik biasanya memiliki persyaratan yang ketat dalam penerimaan artikel dan memiliki proses review yang ketat. Oleh karena itu, memastikan bahwa jurnal yang dipilih bukan merupakan jurnal predatory sangat penting untuk memastikan bahwa artikel yang dipublikasikan dapat diakui secara ilmiah dan meningkatkan reputasi penulis di dunia akademik.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Download Jurnal Discontinued Scopus Maret 2021

www.native-proofreading.com adalah sebuah layanan proofreading yang berfokus pada bahasa Inggris. Mereka menawarkan layanan proofreading untuk berbagai jenis dokumen, seperti esai, tesis, laporan, proposal, dan banyak lagi. Tim proofreader yang mereka miliki terdiri dari para penutur asli bahasa Inggris yang memiliki pengalaman dalam dunia akademik dan keprofesionalan.

Native Proofreading menjamin bahwa setiap dokumen yang dipercayakan kepada mereka akan diperiksa dengan cermat untuk memastikan bahwa tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimatnya sempurna. Mereka juga menawarkan layanan pengeditan dokumen, yang mencakup saran dan rekomendasi yang membantu meningkatkan kualitas tulisan Anda secara keseluruhan.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us