41 Jurnal Elsevier yang baru Terindeks Scopus tahun 2023

5/5 - (3 votes)

Elsevier adalah pemilik indeks Scopus

Penerbit Elsevier telah menjadi pengelola database besar selama bertahun-tahun dan menjadi pemilik dari indeks Scopus yang merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam pengindeksan jurnal ilmiah. Scopus sendiri merupakan database pengindeksan jurnal yang sangat penting bagi para peneliti dan akademisi karena dianggap sebagai salah satu indeks terbaik di dunia. Oleh karena itu, ketika Elsevier menambahkan 41 jurnal baru ke dalam daftar jurnal yang diindeks di Scopus pada Update Scopus Februari 2023, hal ini sangat penting bagi dunia akademik dan penelitian.

Tentang Scopus

Dalam hal pengindeksan jurnal ilmiah, Scopus dianggap sebagai indeks yang terbaik di dunia. Indeks ini memungkinkan para peneliti untuk menemukan dan mengakses berbagai jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu. Scopus juga memungkinkan para peneliti untuk mengetahui seberapa banyak naskah yang dikutip oleh peneliti lain, sehingga dapat membantu mereka mengevaluasi kualitas penelitian dan pengaruhnya di dalam komunitas akademik. Oleh karena itu, ketika Elsevier menambahkan 41 jurnal baru ke dalam daftar jurnal yang diindeks di Scopus, ini merupakan berita yang sangat baik bagi para peneliti dan akademisi.

Kelebihan Jurnal baru Scopus bagi Penulis

Para peneliti dapat memilih dari berbagai macam topik yang diinginkan, dan tentunya dengan kualitas dan reputasi yang tinggi. Jurnal-jurnal yang baru diindeks di Scopus memiliki kelebihan pada persaingan yang rendah. Hal ini karena belum semua orang mengetahui bahwa jurnal tersebut baru saja diindeks di Scopus. Para penulis cenderung memilih jurnal yang terindeks di Scopus, dibandingkan dengan yang tidak terindeks. Oleh karena itu, para penulis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengirimkan naskah mereka ke jurnal-jurnal tersebut dan meningkatkan kesempatan untuk diterima.

Artikel Menarik Wajib di Baca  Accepted pada Crop Protection, Q1, Scopus, Elsevier

Elsevier dan anti-predatory

Selain itu, keunggulan Elsevier juga menurut kami adalah “anti” predatory. Di lain pihak, menjadi pemilik Scopus, Elsevier telah berada di garis depan dalam memerangi praktik penerbitan yang merugikan seperti predatory publishing. Walaupun tidak ada hubungan langsung antara jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier dan predatory publishing, tim kami yakin bahwa Elsevier memiliki kebijakan yang ketat dalam menentukan jurnal-jurnal yang diterbitkannya. Hal ini membuat para penulis merasa lebih nyaman dalam mengirimkan naskah mereka ke jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier, karena mereka yakin bahwa jurnal tersebut memiliki reputasi dan kualitas yang tinggi.

Penerbit besar dan Predatory

Dalam dunia penerbitan ilmiah, penerbit besar memiliki peran penting dalam memfasilitasi proses publikasi artikel ilmiah. Namun, beberapa penerbit besar telah terlibat dalam praktik predatory publishing yang merugikan peneliti dan akademisi. Beberapa penerbit besar yang pernah menjadi sorotan karena terlibat dalam praktik predatory publishing adalah Frontiers, Hindawi, dan MDPI.

MDPI juga pernah dikritik karena membiarkan artikel yang tidak memiliki kualitas yang baik diterbitkan di jurnal mereka. Namun, MDPI telah menjawab kritik tersebut dengan mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas jurnal mereka dan mencegah praktik predatory publishing.

MDPI juga memastikan bahwa setiap jurnal yang diterbitkan oleh mereka memiliki standar yang tinggi dan dihormati di komunitas akademik. Jurnal-jurnal ini memenuhi persyaratan ketat untuk diindeks oleh database ilmiah terpercaya seperti Scopus dan Web of Science.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, MDPI berharap dapat membangun reputasi yang baik di kalangan peneliti dan akademisi. MDPI juga berharap dapat memberikan solusi untuk masalah predatory publishing dan memastikan bahwa jurnal-jurnal mereka memiliki kualitas dan kredibilitas yang tinggi.

Artikel Menarik Wajib di Baca  [Tutorial Lengkap] Cara Menemukan Jurnal Scopus Paling Sesuai dengan Paper

Berikut daftar 41 Jurnal baru dari elseiver yang terindeks Scopus, pada update Bulan February 2023

Nama Jurnal Bidang
Social Sciences and Humanities Education, Social Science
Neuroimage: Reports Neurscience
Exploratory Research in Clinical and Social Pharmacy Medical
JSES Reviews, Reports, and Techniques Medical
Biomimetic Intelligence and Robotics Robotic, Engineering
American Heart Journal Plus: Cardiology Research and Practice Medical
Energy Nexus Energy
Energy and Climate Change Energy
Geosystems and Geoenvironment Geosystem, Earth science
World Journal of Acupuncture-Moxibustion Medical
IJID Regions Medical
Diabetes Epidemiology and Management Medical
Computer Methods and Programs in Biomedicine Update Medical
Ophthalmology Science Medical
Annals of 3D Printed Medicine Medicine, Healthcare
Journal of Climate Change and Health Healthcare
Fish and Shellfish Immunology Reports Medical, Healthcare
Engineering Microbiology Biology, Medical
Biological Psychiatry Global Open Science Biology, Medical
Aging and Health Research Biology, Medical
Chemical Thermodynamics and Thermal Analysis Energy, Chemical
Green Analytical Chemistry Chemical
Digital Chemical Engineering Chemical
Revista Medica Clinica Las Condes Medical
Carbon Capture Science and Technology Energy, CCS
Healthcare Analytics Healthcare
E-Prime – Advances in Electrical Engineering, Electronics and Energy Electrical Engneering, Energy
Current Research in Ecological and Social Psychology Psycology, Social Science
The Lancet Regional Health – Southeast Asia Healthcare
Infectious Medicine Medicine, Healthcare
Advances in Cancer Biology – Metastasis Biology, Medical
Food Chemistry Advances Chemistry
European Journal of Medicinal Chemistry Reports Medicine, Healthcare
Biomaterials and Biosystems Material
Journal of Cartilage and Joint Preservation Medical
Journal of Chromatography Open Chemical
Smart Agricultural Technology Agricultural
Comprehensive Psychoneuroendocrinology Psychology, Medical
Current Research in Parasitology and Vector-Borne Diseases Medical
Brazilian Journal of Anesthesiology  Medical
Data and Information Management IT
Artikel Menarik Wajib di Baca  20 Jurnal Scopus Topik Pendidikan, Favorit Penulis dari Indonesia
Native-proofreading.com adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan proofreading, translate, dan perbaikan paper untuk dipublikasikan ke jurnal terindeks Scopus. Sebagai penyedia jasa proofreading terbaik di Indonesia, Native-proofreading.com memiliki pengalaman yang panjang dalam membantu para penulis untuk memperbaiki naskah mereka sehingga dapat diterima di jurnal-jurnal terkemuka.

Native-proofreading.com hadir sebagai solusi bagi para penulis yang mengalami kesulitan dalam memperbaiki naskah mereka. Tim Native-proofreading.com terdiri dari para ahli dalam bidang proofreading dan penulisan akademik yang akan membantu para penulis dalam memperbaiki naskah mereka agar lebih akurat, jelas, dan kredibel. Selain itu, Native-proofreading.com juga menawarkan layanan translate, sehingga para penulis yang memiliki kendala dalam bahasa asing dapat memperbaiki naskah mereka menjadi lebih baik.

Native-proofreading.com memiliki banyak review positif di Google Maps, yang menunjukkan kepuasan pelanggan mereka. Para pelanggan memuji layanan yang diberikan oleh Native-proofreading.com, dan mengakui bahwa mereka merasa lebih percaya diri setelah menggunakan layanan ini. Para pelanggan juga menyebutkan bahwa Native-proofreading.com memberikan layanan yang cepat, efektif, dan dapat diandalkan

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us