Tutorial Submission Paper Pada Jurnal Scopus: Step by step dan Studi kasus

Karena ada permintaan tentang bagaimana cara mengajukan jurnak ke scopus, maka postingan kali ini akan memperlihatan, selangkah-demi selangkah bagaimana publikasi dalam jurnal scopus. Jurnal yang menjadi contoh adalah Case Studies in Thermal Engineering (CSITE), Elsevier, Scopus Q1.

Langkah 1 : Pendaftaran Account pada jurnal

Setiap submission jurnal pada sistem OJS, wajib mendaftarkan akun. Kecuali pada submission by email, tidak ada persyaratan pendaftaran akun. Silahkan masuk pada website CSITE, pakai google untuk mencari jurnal tersebut.

Langsung masuk ke jurnal yang bersangkutan dan klik bagian “submit paper”.

Kemudian muncul halaman “Sign in”, apabila kita sudah memiliki akun di Elsevier. Apabila belum, silahkan klik register untuk mendaftar, sebagai berikut :

Kemudian akan muncul halaman pengisian, sebagai berikut. Ini adaah contoh pegisin dengan nama saya.

Setelah pengisin selesai, muncul halaman completed, sebagai berikut, artinya kita sudah sukses melakukan pendaftara akun, kemudian klik “Continue to EVISE”. Sampai disini, pendaftaran akun CSITE sudah selesai. Kita berlanjut untuk proses pengajuan paper.

Langkah 2: Submission/Pengajuan Paper

Setelah masuk ke CISTE kemudian muncul halaman home pada website. Perhatikan kotak merah atas menunjukan nama account anda, dan kota merah “start submission” untuk memulai pengajuan/submission paper anda.

Setelah klik pad “Start New Submission”, kita akan melihat halaman selanjutnya dengan memilih type article. Karena ini adalah case study,maka pilihannya hanya 1. cek di form selanjunya.

Isikan semua form diatas dari mulai judul artikel, abstrak, kata kunci, dan tambahkan author lain jika memang paper kita meliatkan orang lain, misalnya supervisor atau kolega. Klik Save & continue untuk meneruskan submission ini.

Langkah selanjutnya adalah upload file. Siapkan file manuskript anda. Setiap jurnal biasanya mensyaratkan minimal 2 file. Full manusript dan Cover letter. Ada jurnal lain yang mewajibkan Blind Manuscript (tanpa nama author), Title Page (judul dan author name saja), Figure (gambar dipisah), Tabel (tabel di pisah), dan kadang Highlight (hal penting).

Pada CSITE ini, ada 3 file yang wajid di upload, adalah cover letter, manuscript dan conflict of interest. Upload file, dan masukan type dari masing masing file diatas, serta deskripsi seperti gambar diatas. Jangan lupa, klik order files sebelum lanjut ke “save & continue”. Order files untuk mengurutkan file yang anda masukan jika urutannya tidak betul menurut standar CSITE.

Ada 2 file selain manuscript yang mungkin kita bingung, yaitu cover letter dan conflict of interest. Kami akan menulis artikel tentang cover letter dan conflict of interest jika ada dari pembaca yang mengusulkan ke kami.

Pada halaman ini, kita akan mengisi :

  1. Referensi dari paper yang kita tulis
  2. Menambah calon reviewer, apabila anda bingung tentang ini, tanyakan ke kami bagaimana mencari kandidat reviewer. Kedepan kami akan memuat tips cara mencari reviewer.
  3. Masukan opposite reviewer, jika ada kolega atau seseorang yang tidak boleh menjadi reviewer karena dapat menimbulkan conflict of interest.
  4. Isi form, kesanggupan anda membayar APC journal. Katakan “we confirm that we will cover the payment”
  5. Kemudian, klik tombol radio button, tetang kesanggupan anda membayar fee
  6. Anda juga bisa mengirimkan secara simultan satu paper lain berupa data di jurnal Data in Brief.
  7. Atau di jurnal MethodX.
  8. Kemudian Klik Selanjutnya “Save & Continue”

Ini adalah halaman terakhir untuk mempublikasikan paper kita di sebuah jurnal scopus. Dalam kasus ini adalah jurnal CSITEE. Pastikan kita download terlebih dahulu, dibaca dan di cek secara detail, apakah yang sudah kita upload benar benar data kita seperti manuscript, cover letter dan Conflict of interest. Apabila sudah yakin, dan benar, cek kedua piliah diatas dan klik Complete Submission. Selamat !, anda telah melakukan proses submission, dan akan mendapatkan email tentang konfirmasi submission ini. Lama waktu di CSITE untuk editor decision biasanya sangat cepat dalam hitungan hari ataupun minggu. Dalam lama review decision, bisa mencapai 1 hingga 6 bulan. Terima kasih.

Contoh Conflict of interest. Silahkan download:

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

https://native-proofreading.com/ merupakan perusahaan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertaton. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi, komunikasi dengan kami di klik WA di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *