Update Data di SIMLITABMAS agar Lolos Hibah KEMENRISTEKBRIN

Menurut informasi, banyak penelitian yang gagal mendapatkan pendanaan P2M skema KEMENRISTEKBRIN, akibat dari kesalahan administrasi, diantaranya adalah data SIMLITABMAS yang tidak lengkap. Sehingga untuk memenuhi skema penilaian pengajuan artikel kepada KEMENRISTEKBRIN baik penelitian atau pengabdian kepada masyarakat, diperlukan pembaharuan atau update data diri, profil ataupun pencapaian pada website SIMLITABMAS . Perubahan data ini bersifat wajib guna mencatat rekam jejak dosen sebagai penunjang penilaian tersebut.

Yang pertama dilakukan adalah  login terlebih dahulu ke halaman website SIMLITABMAS terbaru (SIMLITABMAS NG). Login nama pengguna menggunakan NIDN.

Terdapat 10 sub menu untuk memperbaharui data diri di website SIMLITABMAS

  1. Identitas

Pada sub menu Identitas, terdapat data diri dan foto pribadi yang terhubung langsung dari portal dosen di PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Apabila terdapat perbedaan data pada identitas, maka dapat disinkronisasi (klik “Sinkronisasi dari PDDikti”) atau diedit (klik edit) secara manual.

  1. Sinta

Untuk memperbarui sub menu ini, diperlukan verifikator dari perguruan tinggi agar semua jurnal tercatat dalam Sinta.

  1. Penelitian
  2. Pengabdian

Khusus sub menu Penelitian dan Pengabdian tidak bisa diupdate karena merupakan rekam jejak Anda di SIMLITABMAS.

  1. Artikel Jurnal

Sub menu ini merupakan link dari Sinta. Apabila terdapat beberapa jurnal yang tidak terbaca/ter-record, maka dapat melakukan pembaharuan data (klik edit) atau penambahan data baru (klik data baru) secara manual.

  1. HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Sub menu HKI dapat ditambahkan data baru dengan mengisi secara manual judul, jenis, tahun pelaksaaan, nomor pendaftaran, status, nomor HKI, URL, serta unggah file dalam format pdf.

  1. Artikel Prosiding

Di bagian ini, dapat dilakukan pengeditan prosiding yang sudah ada atau menambahkan secara manual (judul prosiding, nama prosiding, tahun, peran penulis, volume, nomor prosiding, ISBN/ISSN, URL, jenis prosiding, unggah file).

  1. Buku
Artikel Menarik Wajib di Baca  Pengalaman di Accept di Journal Natural Products Research, Q2, Scopus selama 4 Bulan.

Pada sub menu Buku, data baru yang diinput berupa judul buku, tahun terbit, ISBN, jumlah halaman, nama penerbit, URL, dan unggah file. Tambahan baru untuk rekam jejak bagi dosen dari KEMENRISTEKBRIN

  1. Karya Monumental

Karya Monumental merupakan karya dosen yang bersifat seni personal. Penginputan sub menu ini dilakukan dengan mengisi jenis karya, tingkat karya, tahun pelaksanaan, deskripsi karya, URL dokumen karya monumental, serta unggah file dalam format pdf.

  1. Naskah Akademik/Urgensi

Merupakan keluaran penelitian terapan yang dilakukan dosen. Penambahan data baru dilakukan dengan mengisi tahun naskah, jenis naskah, judul naskah, peruntukan naskah, peran penyusun naskah, tanggal penyerahan, pejabat penerima naskah, URL (bila ada), serta unggah file.

Pembaruan data diatas adalah untuk menambah rekam jejak pencapaian dosen. Apabila ingin mengajukan penelitian maupun melakukan pengabdian kepada masyarakat di SIMLITABMAS, tim reviewer tidak hanya menilai teknis artikel, tetapi juga rekam jejak pencapaian dosen.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us