Membahas Jurnal Sustainability, Q1, Proses Cepat 1 Bulan Accepted

Kali ini kami membahas tentang Jurnal Terindeks Scopus International Journal of Sustainability dari publisher MDPI. Jurnal ini adalah jurnal open access dengan topik linstas disiplin dari mulai lingkungan, budaya, ekonomi dan sosial manusia dan termasuk engineering dan energy. Jurnal ini juga menerbitkan paper jenis reguler riset, review, communication dan short notes. Lebih lanjut lagi, tidak ada batasan terkait dengan panjang makalah.

Hal menarik dari Jurnal Sustinability adalah :

  1. Quartile dan Impact factor sangat tinggi yaitu pada angka Q1, 3.251. Disamping itu SJR nya menempati angka 061. Sudah cukup untuk kenaikan pangkat baik lektor kepala ataupun Guru besar.
  2. Publikasi sangat Cepat: Kami belum pernah melihat publikasi secepat Sustainability. Menurut website nya first decisionya hanya 15.4 hari, tetapi sesuai dengan penglaman kami, rata-rata 1 bulan, jika manuscript baik, dapat di accept dalam jangka waktu itu.
  3. Bukan jurnal predatory, karena di manage dengan profesional, sehingga menghasilkan proses yang cepat tanpa mengabaikan kualitas.

Hal yang kurang menarik dari Jurnal Sustainability adalalah :

  1. APC (Article Processing Charge) luar biasa mahal, 1900 CHF atau sekitar 2.066 US$, atau 30 juta rupiah. Ini angkat yang luar biasa mahal, kecuali kita mendapatkan dana riset yang besar untuk mengcover biaya ini.

Strategi publikasi untuk mengurangi dan menghindari publish di Sustainability :

  1. Author bisa berkolaborasi dengan penulis lainnya, sehingga biaya ini bisa di bagi dengan penulis lainnya.
  2. Author bisa menghubungi pihak editor atau guest editor untuk mendapatkan diskon. Biasanya ada diskon 20-50%.
  3. Jika author adalah salah satu reviewer di jurnal Sustainability, makan akan mendapatkan diskon
  4. Cara terakhir, kontak Guest editor, karena biasanya guest editor memiliki slot dalam publikasi di jurnal tersebut. Kerjasama dengan guest editor adalah hal yang lumrah, sehingga saling menguntungkan.

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami telah banyak membantu author dalam meningkatkan kualitas bahasa untuk diterbikan di Scopus. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-button-610x212-300x104.png

2 thoughts on “Membahas Jurnal Sustainability, Q1, Proses Cepat 1 Bulan Accepted”

    • Terima kasih Pak Sigit Rochadi, Alhamdullilah semoaga bermanfaat. Semoga bapak lancar dalam publikasi ilmiah. Amin

      Reply

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us