fbpx

Cara Mencari Jurnal terindex scopus dengan TheJurnalfinder.com

Beberapa bulan lalu, tim kami (www.native-proofreading.com), menjelaskan tentang Tutorial cara mencari jurnal terindex scopus menggunakan schimagoJr. Artikel ini bisa di temukan disini : https://native-proofreading.com/2020/05/02/tutorial-lengkap-cara-mencari-jurnal-scopus-di-scimagojr/

Kali ini kami akan menjelaskan tutorial cara mencari jurnal terindex scopus dengan TheJournalFinder.com . Website ini, menurut keterangannya, di generate dari data scopus, data ristekbrin dan data schimagojr. Yang menarik dari website ini dan membedakan dengan SchimagoJR adalah fasiltas pencarian jurnal terindex scopus berdasarkan quartile. Silahkan cek di gambar berikut :

cara mencari jurnal terindex scopus

Kita bisa mencari sebuah jurnal terindex scopus berdasarkan Quartile, Q1, Q2, Q3 atau Q4 juga jurnal Sinta. Disamping itu, di website ini disediakan informasi tentang acceptance rate, yaitu sebuah presentasi bagaimana kompetisi sebuah paper di accept pada jurnal tersebut. Misalnya, apabila acceptance rate adalah 20%, maka berarti, dari 10 paper yang masuk ke redaksi jurnal, hanya 2 yang di accept.

Informasi lain adalah Time to Decision, berapa lama author harus menunggu waktu sebuah paper di Accept/Reject pada jurnal terindex scopus. Informasi ini sangat penting, apabila kita ingin menerbitkan paper dengan cepat atau sebaliknya, tidak terburu buru, karena tingkat Time to Deision sangat bervariasi, bisa 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan 1 tahun lebih.

Informasi lain adalah APC (Article Processing Charge), apakah sebuah jurnal terindex scopus menganut open access atau tidak. Jika sebuah jurnal terindex scopus memiliki skema open acces, artinya jurnal itu membebankan biaya penerbitan kepada penulis. Sayangya, informasi ini tidak lengkap, masih banyak data yang kosong, hal ini dikarenakan website ini memerlukan data dari contribution penulis.

Tutorial Lengkap cara mencari jurnal terindex scopus

Kami akan menjelaskan secara detail tentang cara kita mencari jurnal terindex scopus yang cocok dengan tema paper kita, dan memiliki tingkat persaingan paling rendah. Sebagai contoh, kita memiliki sebuah paper pada bidang Finance. Maka seperti ini pencariannya :

cara mencari jurnal terindex scopus

Kita masukan kategori dan sub-categori pada bidang ekonomi –> Finance. Selanjutnya, apabila kita sangat percaya diri bahwa paper yang kita tulis memiliki novelty yang tinggi, memiliki bahasa yang native-flow (sudah ditranslate atau di proofreading oleh lembaga terpercaya seperti www.native-proofreading.com, metode yang sangat advanced, presentasi paper yang sangat baik (4000- 9000 kata), memiliki referensi yang powerfull (80% Q1, jumlah referensi 30-50 list), maka coba membuat target dengan Q1 dan Q2.

Tetapi, jika anda merasa tidak percaya diri, paper biasa saja, apalagi kita belum berpengalaman menerbitkan ke scopus, atau paling banter Q4, kita mencoba submit di jurnal dengan qualifikasi Q4 atau Q3. Kita coba setting dengan quartile Q4, sebagai berikut :

Pada gambar diatas, kita memilih quartile Q4 kemudian tekan “Apply”. Untuk category country sementara kita abaikan, karena kita tidak mencari spesifik jurnal yang diterbitkan oleh negara tertentu.

Menariknya, kita juga bisa memilih jangkauan Sinta-1, Sinta-2, Sinta-3 dan sampai Sinta-6, sehingga sangat menarik bagi kita yang ingin publish pada jurnal dengan jangkauan tersebut. Selanjutnya, akan muncul list jurnal Q4 bidang Finance.

Strategi kita selanjutnya adalah, untuk meningkatkan chance, kesempatan kita untuk bisa mempublikasi paper kita adalah dengan mencari jurnal Q4, yang memiliki document banyak, artinya, mereka memiliki issue yang besar. Semakin besar issue, maka semakin banyak paper yang akan diterbitkan sehingga kompetisinya agak rendah. Sebaliknya, apabila sebuah jurnal memiliki jumlah issue dan publikasi rendah, kompetisinya akan semakin tinggi.

Sekarang, klik pada bagian number document 2019 untuk menyortir (sort), jurnal Q4 dengan terbitan terbanyak tahun 2019. Mengapa tidak ada tahun 2020 ?, karena jumlah publikasi tahun 2020 belum bisa ditentukan dari sekarang, disebabkan masih berjalan. Sehingga hasil pencarian kita adalah sebagai berikut :

Kita bisa melihat gambar diatas bahwa, jurnal terbitan jurnal terindex scopus terbanyak untuk Q4 adalah Academy of Accounting and Financial Studies Journal , dengan 159 terbitan, sementara di tempat kedua adalah International Journal of Financial Research dengan 145 terbitan.

Apakah Sesuai Scope ?

Selanjutnya, apakah jurnal ini memang sesuai dengan scope paper kita ? mari kita cek lebih detail dengan meng-klik nama jurnal tersebut :

Tidak ada informasi yang detail, sehingga kita harus coba untuk masuk ke websitenya :


Demikian cara mencari jurnal terindex scopus dengan menggunakan www.thejournalfinder.com. Bagi anda yang ingin mencari jurnal teindex scopus dengan method schimagojr, bisa membaca artikel kami sebelumnya di https://native-proofreading.com/2020/05/02/tutorial-lengkap-cara-mencari-jurnal-scopus-di-scimagojr/

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-button-610x212-300x104.png


https://native-proofreading.com adalah perusahaan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertaton. Kami banyak membantu author untuk publikasi di jurnal dengan Quartile 1 Scopus, add WA kami di 0852-9073-5358

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us