fbpx

Sekitar 1000 Jurnal Terindeks Scopus Topic “Education” untuk dosen FKIP atau Pendidikan

Jurnal terindeks scopus topic education/social science memang tidak sebanya journal bidang engineering, maupun medical, tetapi jumlah nya tidak sedikit. Kami pun mendapatkan pertanyaan, erkait peluang paper bertema education untuk dipublish di jurnal terindeks Scopus. Pertanyaan ini terutama dari dosen-dosen yang berkiprah pada riset di bidang pendidikan. Kami kemudian mencoba mencari lewat pencarian menggunakan https://thejournalfinder.com. Kelebihan dari web pencarian ini adalah, kita dapat melakukan pencarian dengan “keyword” berdasarkan “exact” atau “scope”, cek di link ini https://thejournalfinder.com/search-keyword seperti terlihat pada gambar berikut :

Berdasarkan EXACT WORD

Keyword berdasarkan exact artinya, kata kunci itu muncul di judul jurnal. Misalnya apabila kita mengetikan “education”, maka hanya jurnal-jurnal yang yang memiliki kata “education” yang akan tampil. Sementara apabila berdasrakan scope, keyword itu bisa muncul di scope dari Jurnal, sehingga mungkin saja, keyword “education”, tidak mempresentasikan judul dari paper. Kami akan mencoba melakukan pencarian berdasarkan “exact”, dan hasilnya adalah ada sekitar 1000 jurnal dengan topic EDUCATIN, terindeks scopus, dan memiliki keyword itu di judulnya, seperti di jelaskan pada tabel berikut :

 

Bagusnya lagi, website https://thejournalfinder.com, memberikan informasi terkait dengan jumlah document dan quartile. Secara umum (tidak pasti), jurnal dengan document besar dan quartile rendah (Q4), lebih mudah berkompetisi, daripada jurnal dengan quartile tinggi (Q1), dan memiliki jumlah document yang sedikit. Apabila jumlah document pada tahun 2019 besar, artinye peluang paper anda accepted, semakin besar.

 

Jurnal Terindeks Scopus

Berdasarkan Scope

Apabila berdasarkan scope, maka keyword “Education”, tidak harus tercantum pada judul journal. Dia bisa di mana saja, terutama di bagian Scope jurnal. Karena, judul jurnal mempresentasikan topic yang sangat luas pada jurnal yang di accept.  Berikut adalah hasil dari pencarian berdasarkan scope.

 

Gambar diatas adalah sedikit hasil pencarian jurnal scopus keyword “education’, berdasarkan “scopue”. Kita bisa melihat, bahwa tidak semua jurnal memiliki kata kunci “education” didalam judul jurnalnya, sebaliknya judulnya memperlihatkan topic atau scope yang berbeda, misalnya : Psicology reviews. Jurnal ini juga memiliki scope education. Menurut hasil pencarian menggunakan metode exact, ini, ada puluhan ribu jurnal terindeks scopus dengan scope “education”.

Demikian artikel tentang 1000 jurnal terindeks scopus dengan tema education. Semoga bermanfaat.

 

Jasa Proofreading Scopus

 

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk  jasa proofreading dan translation publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us