fbpx

[Tutorial Lengkap] Cara Menemukan Jurnal Scopus Paling Sesuai dengan Paper

Saya sering mendapatkan pertanyaan bagaimana menemukan jurnal scopus yang sesuai/pas dengan paper yang dibuat ? Langkah paling awal yaitu menyiapkan terlebih dahulu artikel yang akan di submit. Pastikan dalam artikel tersebut sudah terdapat judul, abstrack dan keyword. Ketiga bagian tersebut akan menjadi bahan untuk menemukan jurnal yang paling cocok untuk kita menyerahkan artikel tersebut.

Ada tiga acara untuk menemukan jurnal paling cocok dengan atikel kita yaitu :

  1. Dengan menggunakan website Springer
  2. Elsevier
  3. Willey.

Ketiga website tersebut gratis namun juga ada website lain yang menyediakan layanan serupa namun berbayar yaitu emerald. Berikut adalah penjelasan cara menggunakan fasilitas jurnal finder dari masing-masing website tersebut:

Springer

  1. Langkah pertama yaitu menuju ke website penyedia layanan saran pemilihan jurnal dari springer ke alamat https://journalsuggester.springer.com/.

  1. Setelah laman tersbuka selanjutnya memsukkan judul artikel pada kolom manuscript tittle

  1. Selanjutnya masukkan abstrack di kolom bagian manuscript text.

  1. Langkah ke empat dilanjutkan dengan memilih tema artikel di bagian subject area.

  1. Bila menginginkan adanya standar pencarian khusus dapat memilih klik menu “refine your recomendarions” dan isikan sesuai keinginan.

  1. Bila kolom pada Langkah ke dua hingga ke empat telah terisi semua lalu klik manu “Suggest Jurnal”. Berikut tampilan beberapa jurnal yang disarankan.

Pada layanan ini akan menyediakan informasi terkait nama jurnal, impact factor, first decision (average), dan Acceptance Rate.

Impact factor yang semakin tinggi menandakan jurnal tersebut semakin berpengaruh atau sering disitasi oleh artikel lain. Memilih jurnal dengan impact factor yang tinggi akan memberikan harapan yang semakin besar artikel anda untuk disitasi oleh artikel berikutnya.

First decision merupakan ukuran rata-rata seberapa lama editor memberikan keputusan pertama kepada manuscript anda apakah akan ditolak atau akan dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu diuji oleh pengulas. Bila semakin kecil nilai first decision maka editor semakin cepat memberikan keputusan yang pada akhirnya akan berdampak pada salah satu faktor seberapa cepat artikel yang diterima dapat dipublikasikan.

Acceptance Rate merupakan rasio seberapa besar artikel yang diserahkan untuk diterima atau ditolak. Semakin tinggi nilai acceptance rate maka peluang artikel anda untuk diterima di jurnal tersebut akan semakin besar. Jadi secara ringkas sebaiknya anda memilih jurnal yang memiliki Impact factor tinggi, first decision rendah dan acceptance rate yang tinggi.

  1. Bila anda sudah tertarik pada salah satu jurnal yang akan anda tuju anda dapat meng-klik nama jurnal yang ditampilkan oleh system. Selanjutnya system akan menampilkan informasi lebih lengkap terkait tujuan dan ruang lingkup jurnal, biaya publikasi, pengindex jurnal, dan link halaman latar dari jurnal tersebut. Berikut adalah tampilan nama jurnal yang telah dipilih.

  1. Untuk memastikan apakah jurnal tersebut terindek oleh scopus atau tidak silahkkan di cek di website scimagojr.com. Pembahasan cara menggunakan website tersebut berada di subbab terpisah.

Elsevier

  1. Langkah pertama yaitu menuju ke website penyedia layanan jurnal finder dari Elsevier ke alamat https://journalfinder.elsevier.com/

  1. Setelah halaman terbuka Langkah selanjutnya adalah memasukkan judul pada kolom “paper title”.

  1. Selanjutnya mengisi kolom “paper abstract”.

  1. Dilanjutkan mengisi kolom “keywords” dengan memilih kata kunci yang sudah tersedia di sana.

  1. Selanjutnya mengisi kolom “field of research” dengan bidang yang paling sesuai.

  1. Anda bisa menambahkan kriteria khusus dengan mengklik dan mengisi form yang tersedia pada menu “Refine your search”

  1. Bila semua kolom sudah terisi semua langkah selanjutnya yaitu mengklik menu “Find Journals”. Pada Langkah ini system akan menyajikan list jurnal yang paling sesuai. Ada beberapa yang informasi yang tersedia yaitu nama jurnal, CiteScore, Impact Factor, List price APC, Impact Factor, Embargo period, acceptance rate, top readership countries, time to 1stdecision, dan time to publication. Disini lebih banyak informasi yang disediakan dari pada springer. CiteScore boleh dibilang hamper sama dengan impact factor (IF) yaitu sesama menghitung jumlah seberapa banyak jurnal disitasi tetapi di sini memiliki metode penghitungan yang berbeda. Semakin tinggi nilai CiteScore menandakan jurnal tersebut semakin bereputasi. Untuk lebih jelas perbedaan CiteScore dan IF silahkan dapat dicari di mesin pencarian. Top redership countries menyediakan informasi tentang negara mana saya yang paling sering membaca artikel-artikel di jurnal tersebut. Adapun time to publication menediakan informasi rerata waktu yang dibutuhkan dari mulai menyerahkan pertama hingga artikel berstatus terbit.

  1. Untuk memastikan apakah jurnal tersebut terindek oleh scopus atau tidak silahkkan di cek di website scimagojr.com. Pembahasan cara menggunakan website tersebut berada di subbab terpisah.

Wiley

  1. Langkah pertama yaitu menuju ke website penyedia layanan pencarian jurnal dari Wiley ke alamat https://journalfinder.wiley.com/.

  1. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan judul di kolom “manuscript title”.

  1. Selanjutnya masukkan abstrak di kolom “manuscript abstract”

  1. Klik menu “Find” dan system akan menampilkan beberapa rekomendasi jurnal paling cocok. Ada beberapa informasi yang disediakan yaitu nama jurnal, IF, ISI ranking, open accsess, Relevance dan nama orang pengisi informasi tersebut.

 

 

ScimagoJR

  1. Langkah pertama yaitu menuju ke website https://www.scimagojr.com/.

  1. Tulisan nama jurnal yang akan dicek lalu klik menu pencarian.

  1. System akan menampilkan hasil berikut. Lalu pilih yang paling sesuai

Berikut adalah tampilan data jurnal yang dicek

 

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Jasa Proofreading Scopus

https://native-proofreading.com merupakan perusahaan rintisan spesialis pertama di Indonesia untuk  jasa proofreading dan translation publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertation. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us