fbpx

Tutorial Check Similarity Indexdengan Microsof Office Online, Selamat tinggal TURNITIN.

Saat ini banyak dosen dan mahasiswa menggunakan TURNITIN untuk mengetahui tingkat similarity index dari sebuah paper. Padahal TURNITIN bukan merupakan software yang murah. Setiap Universitas yang menggunakan TURNITI tidak membayar dengan cuma-cuman, tetapi membayarkan biaya yang sangat signifikan setiap tahunnya.

Solusi alternatif ditawarkan oleh Microsof Word, pemeriksa similarity index miliknya, yang akan memeriksa paper terhadap sumber online. Tools ini dapat memeriksa paper terhadap dokumen online serupa secara real-time ataulangsung, dan membantu pengguna untuk mengetahui tingkat keaslian paper mereka. Disamping itu, sebagai alat bantu dalam pemberian kutipan.

Tools similarity dari microsoft online, saat ini hanya berfungsi pada versi online Word 365. Microsoft menyatakan fitur ini akan ditambahkan ke versi Desktop dalam beberapa minggu ke depan. Artinya, untuk menggunakannya, saat ini kita harus masuk ke office.com untuk memeriksa dokumen untuk plagiarisme.

Untuk memulai, buka Microsoft Editor, dan scroll ke bawah hingga melihat opsi periksa similarity dengan sumber online. Penjelasan disajikan pada gambar di bawah ini.


Gambar 1. Bagaimana check similairty di Microsof Office Online ?

Pada contoh berikut, 69% bagian paper ditemukan oleh Microsoft Editor di sumber online. Dalam hal ini, Microsoft Editor menemukan 5 kasus yang ingin penulis ulas. Saat ini, nol dari lima masalah telah ditinjau.

Gambar 2. Contoh hasil similarity index, mirip seperti TURNITIN.

Pada contoh di bawah ini, bagian dari dokumen kami menunjukkan bahwa itu ditemukan secara online di www.edwards.usask.ca dan Microsoft Editor menyoroti kalimat yang ditemukan. Pada tahap ini, fiture tersebut juga mengizinkan penulis untuk mengabaikan masalah ini. Bila ingin menambahkan kutipan sebaris otomatis, atau menyalin kutipan lengkap yang dibuat secara otomatis dalam gaya kutipan MLA, APA, atau Chicago juga bisa dilakukan. Jika bukan penggemar kutipan Microsoft yang dibuat secara otomatis sebelumnya, kita perlu memeriksa kutipan yang dibuat ini secara cermat sebelum memasukkannya ke dalam paper.

Gambar 3. Contoh text plagirisme pada microsof office online.

https://native-proofreading.com adalah sebuah merupakan perusahaan spesialis perta ma di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertaton. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi dan komunikasi add WA kami di 0852-9073-5358

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us