fbpx

Tutorial lengkap, cara mencari jurnal dengan Elsevier Journal Finder

Artikel ini akan mengupas tentang cara mencari jurnal yang tepat untuk paper kita dengan Elsevier Journal Finder. Untuk lebih jelas, kami berikan contoh dengan step-by-step, untuk mempermudah pemahaman. Ketika kita telah menulis paper, maka langkah selanjutnya adalah mencari jurnal yang tepat.  Misal, ini adalah Judul dan abstrak yang akan kita submit ke jurnal.

Jurnal yang di host oleh Elsevier biasanya memiliki Impact Factor Tinggi, dan bereputasi. Tetapi tidak semuanya, karena banyak paper paper baru bermunculan. Elsevier adalah satu perusahaan dengan Scopus, sehingga mayoritas jurnal Jurnal di index oleh Scopus.

Masuk ke  : https://journalfinder.elsevier.com/, dan berikut adalah tampilan websitenya.

Masukan judul artikel, abstrak, keyword dan field of research, misalnya Engineering, Social science, energy dan sebagainaya. Contoh :

Saya mengosongkan bagian Keyword, karena tidak ada kata yang cocok sesuai dengan term website elsevier ini. Field research saya masukan bidang engineering, chemical engineering dan energy. Kita juga bisa memasukan field lainnya, seseuai dengan kebutuhan lebarnya fiel topik dari paper kita. Kemudian klik pada Find jurnal.

Kita akan mendapatkan data seperti diatas. Ada 50 Jurnal yang mungkin tepat untuk paper kita. Coba perhatikan rectangle dengan warna merah.

  1. Sort by “best match”, ini adalah jurnal dengan relevansi yang paling mendekati dengan karakter judul dan abstrak. Kita bisa mencari pendekatan yang lain misalnya yang biasa saya lakukan adalah acceptance rate atau peluang untuk di terima dalam jurnal tersebut, atau lama waktu dari pertama kita submit, sampai editor decision. Itu adalah dua hal yang sering saya gunakan. Nanti akan kita coba dengan pencarian dengan pendekatan diatas.
  2. Data pencarian diatas juga menyertakan Impack Faktor atau ukuran kualitas suatujurnal dari faktor dampaknya, Ini memiliki perhitungan tersendiri. Acceptance rate, yaitu berapa persen dari paper yang masuk, di terima di jurnal. Misal aceptace rate 7%, artinya, dari 100 paper yang disubmit, hanya 7 yang di terima, 93 paper lainnya di tolak.
  3. Time to st decision, adalah lama waktu, ketika kita pertama kali mengirimkan paper ke editor jurnal. Editor berhak menolak (reject), paper kita dan berhak menerukan ke Reviwer. Saya biasa mencari dengan pendekatan ini, sehingga kita lebih cepat tahu sampai berapa lama paper kita akan di proses di editor.
  4. Time to publication, ini adalah lama waktu dari pertama di accept sampai di publish online di jurnal tersebut

Karena saya ingin mencari peluang jurnal yang memiliki peluang besar, maka pendekatan saya rubah menjadi “acceptance rate”, lihat gambar berikut :

Sekarang kita lihat hasil pencarian dengan pendekatan “acceptance rate”. Ada 50 hasil pencarian, karena memang Elseveri journal finder membatas hasil terhadap 50 jurnal. Pertama kita lihat pencarian dengan hasil pertama adalah Fusion Engineering and Design. Jurnal ini memiliki acceptance rate 73%, angkat yang sangat tinggi Artinya peluang untuk di acceptece sangat tinggi. Tetapi kita lihat, apakah jurnal ini tepat dengan paper kita ? Paper yang kita submit diatas lebih kearah chemical dan chemical engineering, tetapi jurnal yang ditunjukan adalah Fusion. Apabila kita yakin bahwa jurnal ini bukan merupakan targetkita, maka kita lanjutkan ke pencarian di bawahnya. Tetapi , apabila kita belum yakit, apakah jurnal ini bisa menerima paper kita, mari kita lihat scope dari jurnal ini sebagai berikut :

Kita lihat scope dari jurnal yang bersangkutan adalah : The journal accepts papers about experiments (both plasma and technology), theory, models, methods, and designs in areas relating to technology, engineering, and applied science aspects of magnetic and inertial fusion energy. Specific areas of interest include: MFE and IFE design studies for experiments and reactors; fusion nuclear technologies and materials, including blankets and shields; analysis of reactor plasmas; plasma heating, fuelling, and vacuum systems; drivers, targets, and special technologies for IFE, controls and diagnostics; fuel cycle analysis and tritium reprocessing and handling; operations and remote maintenance of reactors; safety, decommissioning, and waste management; economic and environmental analysis of components and systems.

Sepertinya paper kita di luar scope dari jurnal yang bersangkutan, sehingga kita memutuskan melakukan pencarian di bawahnya, dan kita lihat ada energy report. Kita baca kembali scope nya, dan bisa kita lihat di samping “Jurnal Energy report”, memiliki scope berbeda, jurnal ini juga tidak memiliki skema open acces, artinya ada APC yang akan dikenakan kepada author.

Akhirnya kita menemukan salah satu jurnal yang kita bidik untu paper kita yaitu Green house gas control. Langkah selanjutnya adalah menuju website jurnal tersebut dan melakukan proses submission. Jika kita belum memiliki akun, silahkan mendaftar dengan mengikuti tutorial ini : Tutorial Submission Paper Pada Jurnal Scopus: Step by step dan Studi kasus

https://native-proofreading.com/ merupakan perusahaan spesialis pertama di Indonesia untuk translation dan proofreading publikasi ilmiah seperti jurnal, conference, thesis, disertaton. Kami tidak mentranslate selain publikasi ilmiah. Untuk diskusi, komunikasi dengan kami di klik WA di bawah ini.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us