Cara Menemukan Jurnal Yang Tepat Untuk paper: Menggunakan ElsevierJournalFinder, SpringerSuggester, JANE, JournalGuide

Mengingat banyaknya jurnal yang ada, bisa menjadi sulit untuk mencari jurnal yang sesuai untuk artikel penelitian kita. Selain berbicara berdiskusi dan bertanya untuk meminta sara, rekomendasi jurnal apa yang tepat untuk paper kita,  ada beberapa alat yang akan membantu mempersempit pencarian kita.

Salah satu strategi awal adalah melakukan pencarian dokumen di Scopus atau Web of Science, atau di schimagojr menggunakan kata kunci dan frasa dari naskah kita. Hasil pencarian ini dapat memberikan indikasi mengenai nama jurnal publikasi dari penelitian di bidang yang kita teliti. Penting juga untuk memperhatikan literatur yang kita kutip di paper kita – di mana penelitian sebelumnya tentang topik ini telah dipublikasikan?

Jika kita hanya mencari untuk open access jurnal (jurnal berbayar), ada juga cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan menyaring hasil pencarian dalam bibliografi database dan alat perbandingan jurnal. Direktori open access jurnal (DOAJ) adalah alat yang berguna untuk mencari jurnal akses yang sepenuhnya terbuka. Beberapa website menyediakan fitur pencarian jurnal untuk paper kita seperti berikut di bawah ini:

  1. Jane Journal/Author Name Estimator

Alat pencarian JANE dapat membantu menyarankan jurnal yang sesuai untuk paper kita berdasarkan judul dan abstrak. Alat pencarian ini termasuk kedalam Medline, jadi hanya cocok untuk paper di bidang subjek ini. kita juga dapat menggunakan alat ini untuk menemukan kemungkinan pengulas untuk naskah kita jika jurnal meminta saran.

Jika kita khawatir untuk mengungkapkan isi abstrak, kita dapat memilih untuk mengacak teks. kita juga dapat menggunakan kata kunci atau hanya judul artikel untuk melakukan pencarian -contoh di bawah ini adalah pencarian dengan teks abstrak yang diacak. 

  • Springer Journal Suggester

Springer journal suggester mencari 2.500 jurnal Springer dan BioMed Central untuk menemukan kecocokan dengan naskah kita. Kita dapat menentukan tingkat Acceptance rate, Impact factor, Lama waktu pada Editor Decision (keputusan editor) waktu maksimum dalam menentukan keputusan pertama untuk membantu mempersempit pencarian kita. Hal ini juga dimungkinkan untuk memilih open access atau close access.

Contoh pada https://journalsuggester.springer.com/

JournalGuide

JournalGuide adalah alat gratis yang dibuat oleh sekelompok mantan peneliti dan pengembang perangkat lunak di Research Square. Alat ini membantu menemukan jurnal yang sesuai berdasarkan judul dan abstrak. kita juga dapat membandingkan hingga tiga jurnal sekaligus untuk melihat detail biaya, kecepatan publikasi, dan opsi akses terbuka. Alat ini menggunakan nilai SNIP untuk menghitung dampak. 

Opsi pencarian menggunakan JournalGuide

Contoh hasil pencarian: 

Elsevier Journal Finder

Kita dapat menemukan jurnal yang paling cocok untuk artikel penelitian kita dengan menggunakan situs Elsevier Journal Finder. Seperti beberapa penasehat jurnal lainnya, situs ini menggunakan judul, abstrak dan area penelitian untuk menyarankan judul-judul jurnal yang sesuai dari daftar jurnal Elsevier. 

Daftar saran  mencakup informasi tentang dampak jurnal, tingkat penerimaan, kecepatan dari pengajuan ke keputusan, kecepatan dari penerimaan ke publikasi, biaya, open akses dan periode embargo.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *