fbpx

Pengantar Pencarian (Searching) di Scopus dan Web of Science

Scopus dan Web of Science adalah dua database abstrak dan kutipan interdisipliner terbesar dari literatur peer-review dalam publikasi akademis. Keduanya berisi puluhan ribu artikel, bab buku, dan prosiding konferensi.Tidak semua yang terkandung dalam Scopus atau Web of Science adalah teks lengkap atau berasal dari publikasi ilmiah. Panduan ini akan menunjukkan kepada kita mengenai cara menemukan artikel teks lengkap dan cara mengidentifikasi publikasi ilmiah.

Scopus dan Web of Science banyak tumpang tindih dalam publikasi yang mereka cakup, tetapi ada perbedaan dalam isinya. Jika kita tidak menemukan apa yang kita inginkan di salah satu database, coba dengan database lainnya.

Scopus dan Web of Science sangat mirip dalam cara mereka berfungsi dan bagaimana mereka mengarahkan kita dalam pencarian artikel. Panduan ini akan fokus pada pencarian artikel di Scopus, tetapi metode yang sama dapat digunakan saat melakukan pencarian di Web of Science. 

  1. Menemukan Scopus dan Web of Science

Untuk menggunakan Scopus dan Web of Science, kita harus mengunjungi situs web/alamat IP yang telah diregistrasi. Biasaya, setiap univesitas di Indonesia sudah berlangganan ke Scopus.  halaman. Kemudian masuk ke http://scopus.com/

  • Mulai Pencarian

Saat memulai pencarian, pikirkan istilah yang mungkin kita gunakan untuk menemukan artikel yang menarik.

CATATAN: Semakin luas istilah pencarian, semakin banyak hasil yang akan kita dapatkan. Misalnya, dalam contoh yang ditunjukkan di bawah ini, jika hanya menggunakan istilah pencarian “ekonomi”, maka akan muncul lebih dari 60.000 artikel pada daftar “hasil dokumen”.

Pencarian yang lebih spesifik memunculkan serangkaian hasil pencarian yang lebih mudah dikelola. Dalam hal ini, menggunakan istilah pencarian “ekonomi” dan “pertanian” diarahkan Scopus untuk mempersempit pencarian ke artikel yang hanya berhubungan dengan ekonomi pertanian.

Untuk keperluan penugasan ini, kita sebaiknya membatasi pencarian kita ke opsi “Judul, Abstrak, Kata Kunci”. Ini akan menginstruksikan Scopus untuk mencari istilah pencarian kita pada judul, abstrak, dan kata kunci dari artikel tersebut. Abstrak adalah ringkasan singkat tentang artikel tersebut dan kata kunci adalah istilah pencarian yang berhubungan dengan artikel yang sering digunakan oleh penulis. Lihat gambar berikut ini.

Selanjutnya Mempersempit Pencarian

Dalam contoh ini, menggunakan istilah pencarian “ekonomi” dan “pertanian” masih menghasilkan hampir 5.000 dokumen. Scopus memberi kita opsi untuk lebih mempersempit pencarian kita dan mempersempit hasilnya. Untuk keperluan kita, kita dapat lebih mempersempit pencarian kita sampai bertahun-tahun artikel diterbitkan (kita mungkin hanya ingin mencari sampai 5 tahun terakhir); area subjek untuk lebih memfokuskan pencarian kita pada bidang yang kita minati; dan / atau tipe dokumen untuk membatasi hasil hanya untuk artikel.

Setelah Mengidentifikasi Artikel yang Menarik

Baik Scopus maupun Web of Science tidak akan memungkinkan kita untuk mencari persamaan diferensial atau integral dalam sebuah artikel. Jadi, ketika kita telah mengidentifikasi artikel yang menarik, kita harus membaca teks artikel untuk melihat apakah itu termasuk matematika ?. kita hanya dapat memiliki akses ke artikel teks lengkap jika kita melihat tombol “teks lengkap” di bawah judul artikel. Jika artikel yang kita lihat tidak mengandung persamaan diferensial atau integral, kita dapat mengakses artikel yang mirip dengan yang kita pilih dengan mengklik judul artikel atau mengklik tautan “dokumen terkait”. 

Referensi dan Kutipan

Ketika kita mengklik judul artikel, kita akan dibawa ke halaman yang menunjukkan abstrak dan kata kunci dari artikel tersebut. Halaman ini juga menampilkan tautan ke artikel yang digunakan penulis untuk penelitiannya sendiri (referensi) dan artikel yang diterbitkan baru-baru ini yang menggunakan makalah sebagai referensi (dikutip oleh). Jika artikel yang kita pilih tidak memiliki matematika yang diperlukan di dalamnya, kita mungkin menemukan apa yang kita cari dengan memindai makalah yang termasuk dalam tautan referensi dan dikutip oleh.

Web of Science

Mencari artikel di Web of Science pada dasarnya sama dengan mencari di Scopus. Seperti Scopus, Web of Science memungkinkan kita untuk membatasi hasil pencarian, mengambil artikel teks lengkap, dan memiliki akses ke tautan “referensi” dan “dikutip oleh”. 

Catatan: Ada perbedaan dalam beberapa terminologi yang digunakan oleh dua database tersebut. Di Web of Science, “Topik” akan melakukan pencarian yang sama dengan yang dilakukan “Judul / Abstrak / Kata Kunci” di Scopus.

1 thought on “Pengantar Pencarian (Searching) di Scopus dan Web of Science”

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us