fbpx

Bagaimana mencari jurnal scopus yang tepat

Setelah membuat draft artikel ilmiah, setiap penulis, peneliti atau dosen, selanjutnya mencari jurnal terindex scopus yang tepat bagi artikel ilmiahnya. Ada beberapa pertanyaan yang mereka pikirkan terkait dengan jurnal scopus ini, yaitu antara lain :

  1. Jurnal scopus apa yang tepat untuk artikel ilmiahnya ?
  2. Bagaimana agar tidak terjebak pada jurnal predatori ?
  3. Bagaimana mencari jurnal scopus yang memiliki kemungkinan besar untuk di accept ?

Pertanyaan seperti diatas tentunya, di alami oleh author ketikan ingin mempublikasikan karya tulis ilmiahya. Hal pertama yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Setelah artikel ilmiah di buat, penulis sebaiknya meminta bantuan pada beberapa journal finder, seperti contohnya adalah Elsevier Journal Finder https://journalfinder.elsevier.com/ . Di website ini, penulis dapat menemukan jurnal apa yang tepat untuk artikel ilmiahnya, dengan memasukan judul dan abstract. Hanya saja, di Elsevier Journal Finder ini, hanya publikasi yang di terbikan oleh Elsevier (sebagian besar jurnal ini terindex scopus). Di jurnal-jurnal Elsevier, sebagian besar memiliki IF, SJR dan Quartile yang besar, sehingga kompetisinya sangat besar. Tetapi, apabila anda berani dan yakin dengan novelti serta kualitas dari penelitian dan tulisan yang anda buat, tidak salahnya mencoba untuk mensubmit paper di jurnal ini.
  2. Ada banyak jenis Web Journal Finder lainnya selain Elsevier, misalnya adalah yang dikeluarkan oleh Springer dengan nama https://journalsuggester.springer.com/. Dalam mesin finder ini, hanya jurnal-jurnal yang terafiliasi oleh springer dan sebagian jurnal ini adalah bukan jurnal scopus.
  3. Anda juga bisa mencari jurnal yang tepat dengan memanfaatkan https://www.scimagojr.com/. Semua jurnal yang dimasukan ke database ini adalah jurnal terindex scopus, baik conference proceeding maupun jurnal. Dalam website ini, anda dapat mencari field (atau bidang studi) dari paper anda. Memang, informasi ini tidak sejelas oleh mesin journal finder, tetapi setidaknya kita bisa melihat jurnal apa saja yang bisa kita submit.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us